RANCANG BANGUN APLIKASI GO-TUTOR BERBASIS ANDROID PADA BIMBINGAN BELAJAR RUMAH PINTAR MAGELANG

Kartika Imam Santoso, Mendi Sangkoyrala Hidayat, Sunarni Sunarni

Abstract

Bimbingan B

elajar Rumah Pintar Magelang masih menggunakan cara konvensional untuk siswa menentukan jadwal belajar dan memilih tutor untuk tambahan belajar di rumah. Proses reservasi yang lama dan biaya operator selular yang mahal menjadi kendala untuk pengembangan bisnis. Selain itu, siswa sangat sulit memilih tutor karena kurangnya informasi apakah tutor tersebut telah memiliki jadwal mengajar pada saat siswa akan memilih tutor tersebut. Aplikasi Go-Tutor Berbasis Android pada Bimbingan Belajar Rumah Pintar Magelang yang dapat memudahkan siswa dalam mereservasi tutor. Metodologi Penelitian yang digunakan adalah model dengan menggunakan model Waterfall. Perancangan yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan UML (Unified Modelling Language). Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan studi pustaka. Hasil penelitian ini adalah aplikasi Go-Tutor berbasis Android yang dapat memberikan kemudahan siswa mereservasi tutor untuk kegiatan bimbingan belajar, serta membantu Bimbingan Belajar Rumah Pintar Magelang untuk meningkatkan bisnis di bidang pendidikan.

Kata Kunci :  Aplikasi Go-Tutor, Android, Waterfall, Bimbingan Belajar Rumah Pintar Magelang, UML.

Full Text:

PDF

References

Fortina, D.R. 2012. Pembuatan Aplikasi Pemesanan Tiket Bus Pada PO Sinar Dempo Berbasis Android. Skripsi – No Publication. STMIK AMIKOM.

Kustiyaningsih, Yeni., & Anamira, D.R. 2011. Pemrograman Basis Data Berbasis Web menggunakan PHP & MySQL. Yogyakarta: GRAHA ILMU.

Nasruddin, S. H. 2012. Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC berbasis Android. Informatika. Bandung.

Oktaviany, D., Meilani, D., Sumarty, H., Mardiani. 2013. Sistem Informasi Administrasi dan Pembelajaran Siswa Berbasis Web pada Family Course. Skripsi.STMIK GI MDP.

Safaat, N. 2015. Rancang Bangun Aplikasi Multiplatform. Bandung: Informatika.

Saputra, A., 2011. Panduan Praktis Menguasai Database Server MySQL. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Sommerville, I. 2011. Software Engineering (9th ed.). Boston : Addison-Wesley.

Sugiarti, Y. 2013. Analisis & Perancangan UML (Unified Modeling Language) Generated VB.6. Yogyakarta: GRAHA ILMU.

Wahana Komputer. 2013. Step by Step Menjadi Programmer. Android. Yogyakarta: ANDI.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.