RANCANG BANGUN SISTEM PARKIR DENGAN KARTU BARCODE

Sri Handayani

Abstract

Permasalahan perparkiran di kota besar saat ini merupakan pekerjaan rumah bagi pemerintah daerah dan pemerintah pusat. Perkembangan infrastruktur bangunan dan jalandiiringi dengan semakin meningkatnya pemilik kendaraan bermotor tidak dimbangi dengan perluasan lahan bagi parkir kendaraan bermotor. Banyaknya tukang parkir liar yangmempersilakan pengemudi kendaraan bermotor untuk memarkirkan kendaraannya di sembarang tempat sering kita temui di pusat perbelanjaan ataupun pertokoan. Tak jarangkendaraan bermotor yang parkir sembarang di bahu jalan sering menyebabkan terjadinya kemacetan. Restribusi parkir yang seharusnya masuk ke kas Negara banyak mengalir keorang-orang yang kurang bertanggung jawab yang mengatas namakan sebagai Tukang Parkir. Peneliti mencoba mengusulkan suatu rancang bangun pengelolaan parkir denganmenggunakan suatu kartu barcode yang berisikan data-data pemilik kendaraan di gedung parkir kampus Universitas Semarang. Diharapkan dengan adanya pengelolaan parkirmenggunakan kartu ini, pemilik kendaraan bermotor mendapat kemudahan dalam memarkirkan kendaraannya (khususnya roda 2). Dengan kartu ini juga diharapkankeamanan dalam area parkir lebih terjamin, dan area parkir terkelola dengan tertib.

Keywords

Parkir, Kendaraan Bermotor, Kartu Barcode

Full Text:

PDF

References

M Pasca Nugraha, Dr.Ir.Rinaldi Munir, M.T. 2011 Pengembangan Aplikasi QR Code Generator dan QR Code Reader Dari Data Berbentuk Image. Konferensi Nasional KNIF ISSN : 2087-3328.

Martadipura, Jaka. 2013. Perancangan Sistem Informasi Perparkiran Pada Universitas Komputer Indonesia. Surakarta: Unikom.

Pratama, I Putu Agus Eka. 2014. Sistem Informasi dan Implementasi. Bandung: Informatika.

Pressman, Roger S. 2012. Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: Andi

Sugiarti, Yuni. 2013. Analisis dan Perancangan UML Unified Modeling Language. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.