RANCANG BANGUN SISTEM DIGITAL CLOUD ARSIP PROPOSAL DAN TUGAS AKHIR MAHASISWA DENGAN METODE ADAPTIVE SOFTWARE DEVELOPMENT

Sugeng Murdowo, Kristiawan Nugroho

Abstract

Proposal dan tugas akhir mahasiswa merupakan bentuk penelitian yang harus diselesaikan mahasiswa jenjang diploma 3 untuk bisa lulus perkuliahan. Hasil penelitian tersebut biasanya dijilid dan hardcopinya disimpan diperpustakaan. Namun diberbagai perguruan tinggi mayoritas mengalami kendala dalam menyediakan tempat penyimpanan hardcopi tugas akhir tersebut karena tempat yang terbatas dan kesulitan dalam pengaturan arsip tugas akhir tersebut. Teknologi informasi merupakan salah satu solusi digitaliasi proposal dan tugas akhir mahasiswa sehingga dengan media penyimpanan dari manual ke digital akan mengefisienkan tempat dan mudah dalam penanganan arsip karena file tugas akhir telah disimpan dalam servercloud computing . Penggunaan cloud computing dalam pengarsipan tugas akhir mahasiswa membantu institusi dalam menekan biaya operasional infrastruktur IT karena semua layanan yang dibutuhkan sudah tersedia disana. Penelitian ini metode Adaptive software development dengan tahapan speculation , colaboration dan learning untuk membangun sebuah sistem digital cloud arsip yang diharapkan membantu perancangan proses digital cloud librari bagi tugas akhir mahasiswa.


Keywords

Tugas Akhir, Arsip, Digital, Cloud

Full Text:

PDF

References

Haryadi, Hendy , (2009). Administrasi Perkantoran Untuk Manager dan Staff. Jakarta : Visi Media.

Latif, Fauziah.et.al, “Perancangan Sistem Informasi Manajemen Arsip Elektronik (e arsip) Berbasis Microsoft Access Pada PT. Hi-test” Jurnal akuntansi, ekonomi dan manajemen Bisnis Politeknik Negeri Batam, V.3 N.1, Juli 2015.

Pressman, Roger S., “Software Engineering: A Practitioner’s Approach Fourth Edition”, McGraw Hill, 2005.

R. A. Sukamto dan M. Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak, Bandung: Informatika, 2013.

Wikipedia Ensiklopedia. 2013 “Agile Development Methods.”Wikipedia Bahasa Indonesia. Diakses pada tanggal 10 Oktober 2018. Url : https://id.wikipedia.org/wiki/Agile_Development_Methods.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.