Analisis Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online SMP Negeri di Kota Banjarmasin dengan Menggunakan Model Kesuksesan Sistem Informasi Delone dan Mclean

Kenti Yuliana, Dina Afriani

Abstract

Penerimaan peserta didik baru tingkat SMP di kota Banjarmasin dilakukan secara online berdasarkan Peraturan walikota Banjarmasin Nomor 22 Tahun 2017 tentang PPDB tingkat SMP yang memuat tujuan PPDB online yaitu, memberikan kesempatan yang seluas-luasnya bagi warga negara usia sekolah khususnya penduduk berdomisili di kota Banjarmasin untuk memperoleh layanan pendidikan sesuai prasarana, sarana, dan daya dukung yang ada serta memberikan layanan pendaftaran secara cepat, transparan, dan dapat dipertanggung jawabkan. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi kesuksesan penerapan sistem informasi Penerimaan Peserta Dididk Baru (PPDB) Online SMP Negeri di Kota Banjarmasin dengan pendekatan Model Kesuksesan Sistem Informasi DeLone dan McLean (1992) dengan menganalisis hubungan antar variabel dalam model. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari 6 variabel yaitu Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Penggunaan, Kepuasan Pengguna, Dampak
Individual, dan Dampak Organisasional. Jumlah responden adalah 58 orang operator sistem PPDB online SMP negeri di kota Banjarmasin. Pengumpulan data melalui daring google formulir dan dianalisis dengan structural equation modelling metode alternatif partial least squares dengan bantuan software SmartPLS 3.2.3 dan IBM Statistic 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengujian hipotesis pada model 1 dan model 2 terdapat 6 hubungan memiliki pengaruh dan tiga hubungan tidak memiliki pengaruh. Secara keseluruhan penerapan sistem PPDB online SMP negeri di kota Banjarmasin dapat memberikan pengaruh terhadap Dampak Organisasional (SMP Negeri) di kota Banjarmasin, hal ini dapat dilihat berdasarkan nilai indikator Produktivitas Organisasi (dengan nilai loading sebesar 0,917), dan Peningkatan Kinerja Organiasi (dengan nilai loading 0,907) sehingga sistem PPDB Online dapat dikatakan sukes atau berhasil dalam penerapannya.

Keywords

Analisis Sistem, DeLone dan McLean, PLS, PPDB Online

Full Text:

PDF

References

Dachlan, Usman. 2014. Panduan Lengkap Structural Equation Modelling Tingkat Dasar. Semarang: Lentera Ilmu.

Delone, W. H., Mclean. E. R., 1992. Information system success: The quest for the dependent variable. Information System Research 3 (1), 60-95.

Ghozali, Imam. 2017. Structural Equation Modelling. Metode Alternatif dengan Partial Least Squares (PLS). Edisi 4. Semarang: BP-Undip.

Jogiyanto. 2010. Model Kesuksesan Sistem Teknologi Informasi. Ed.1. Jogjakarta: Andi Offset.

Livari, Juhani. 2005. An Empirical Test of The DeLone-McLean Model of Information System Success. Dataabase for Advance in Information System. ISSN: 1532-0936.Volume 36. ProQuest Company.

Peraturan walikota Banjarmasin Nomor 22 Tahun 2017 tentang PPDB tingkat SMP.

Purwaningsih, S. 2010. Analisis Kesuksesan Penerapan Sistem Informasi Pada Sistem Informasi Pelayanan Terpadu (SIPT) Online (Studi Pada PT. Jamsostek (Persero), Aset, 2010 (02) 181-189.

Putrawan, A.N. 2017. Analisis Efektivitas Sistem Informasi Managemen Daerah (SIMDA) Pemerintah Kabupaten Gianyar. E Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 6(4):1639-1672.

Riadi, Edi. 2014. Metode Statistik: Parametrik & Non-Parametrik. Tangerang: Pustaka Mandiri.

Shannon, Calude and Weaver. 1949. The Mathematical Theory of Communication.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.